kapan allah itu ada

assalamu'alaikum wr wb

sebagai seorang manusia yang tak luput dari kesalahan, terkadang kita memikirkan hal-hal yang tidak penting dalam kehidupan beragama dan pertanyaan tersebut tidak ada kaitannya dengan nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT. namun semakin kita cegah maka semakin penasaran pula dengan pertanyaan tersebut, dan parahnya lagi kita tidak mengetahui bahwa pertanyaan tersebut datang dari bisikan setan.

Rosulullah SAW pernah memberikan kita wasiat untuk mengusir bisikan setan, jin dan manusia.

jika dia membisikan :
(anak mu akan mati)
jawablah :
"semua akan mati, dan anakku akan ke surga, aku malah senang"

jika dia membisikan :
(hartamu akan musnah)
jawablah :
"tak apalah, pertanggung jawabanku jadi lebih ringan"

jika dia membisikan
(orang-orang menzalimi dirimu, sedangkan kamu tidak)
jawablah :
"siksa allah akan menimpa orang-orang zalim dan tidak mengenai orang-orang baik (aku serahkan kepada allah swt)"

jika dia membisikan :
(betapa banyak kebaikanmu)
jawablah :
"kejelekanku lebih banyak"

jika dia membisikan :
(amat banyak shalatmu)
jawablah :
"kelalaianku lebih banyak dari shalatku"

jika dia membisikan :
(alangkah banyak kamu bersedekah kepada orang-orang)
jawablah :
"apa yang aku terima dari allah jauh lebih banyak dari yang aku sedekahkan"

jika dia membisikan :
(betapa banyak orang yang menzalimi mu)
jawabhlah :
"betapa sering aku bermaksiat"

jika dia membisikan :
(minumlah minuman keras)
jawablah :
"aku tidak akan mengerjakan maksiat"

jika dia membisikan :
(mengapa kamu tidak mencintai dunia)
jawablah :
"aku tidak mencintainya karena telah banyak orang yang tertipu olehnya"
" dan mereka sengsara batin, kini sebagian telah dipenjara dan sebagian lagi telah wafat berada di neraka barzakh. akan aku kuatkan ekonomiku, tetapi aku tidak akan mencintai harta, karena harta adalah alat untuk hidup, sedangkan aku hidup bukan untuk harta"

setelah wasiat itu jika muncul khayalah didalam perasaan kita tentang bentuk Allah, sungguh itu adalah bisikan setan. sebagaimana sabda Rosulullah SAW dalam riwayat shahih bukhori :
"jika kalian sampai kepada pertanyaan seperti itu, Fastaid Billah maka berlindunglah kepada Allah karena itu sudah berda diujung jurang kekufuran. Berhati-hatilah dengan lintasan perasaan keraguan kepada Allah, dan jangan diteruskan lagi"

Allah sesungguhnya sudah ada sebelum segalanya ada. pertanyaan yang muncul "sejak kapan allah itu ada ?"

jika triliunan tahun alam semesta sudah ada berati sejak kapan allah ada ?seseorang yang dibekali akal sehat, bisa menjawab pertanyaan ini dengan mudah. "Allah"? itu ada sebelum kalimat "kapan" itu ada. artinya "sebelum kapan ada, allah sudah ada. jadi, allah tidak bisa diikat dengan kalimat kapan, kalimat kapan juga tidak bisa mengikat allah.

karena kalimat kapan yang ditanyakan adalah waktu dan ketepatannya, sedangkan allah lah yang menciptakan waktu, allah yang menciptakan waktu dan kalimat kapan itu sendiri.

wallahu a'lam

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Apem-Apem Kesesi

Makalah Haul

makalah sumpah pemuda