Makalah Apem-Apem Kesesi

1.      KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat danKarunia-nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan benar, serta tepat padawaktunya. Dalam makalah ini kami akan membahas mengenai “MAKALAH APEM
Makalah ini telah dibuat dengan berbagai observasi dan beberapa bantuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu kami mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun kami. Kritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.













2.      DAFTAR ISI
KATA PENGANTA
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
B.     Rumusan
C.     Tujuan
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A.    Pengertian objek yang dikaji
BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil penelitian
B.     Hasil pembahasan
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRANLAMPIRANA







3.      Isi Laporan
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Jajanan tradisional adalah makanan tradisional Indonesia yang biasanya diperjualbelikan di pasar. Khususnya di pasar-pasar tradisional. Definisi lain dari jajanan tradisional adalah makanan tradisional Indonesia seperti kue atau makanan tradisional yang khas dari berbagai daerah yang ada di Indonesia yang dijual di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional. Jajanan pasar yang dijual dipasar tradisional banyak macamnya, salah satu yang terkenal di Kesesi adalah apem.
Apem merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan gula jawa atau gula aren, bentuknya bulat pipih berwarba coklat yang didasari oleh daun pisang. Jajanan ini berstruktur kenyal dan rasanya dominan legit atau manis, dan terdapat rasa gurih. Jajanan ini harganya sangat terjangkau, apem kesesi justru dikenal dengan sebutan apem comal yang sebenarnya dibuat di kesesi, pasar comal atau industri rumahan di Desa Bantul.
Pusat pembuatan jajanan apem berada di Dukuh Babtul,Kesesi dan enak tentunya. Di daerah tersebut katanya airnya sangat baik untuk membuat apem kesesi, selain daerah itu dapat juga membuat apem kesesi tetapi tidak dapat sebaik yang dibuat daerah bantul. Makanya tidak semua apem yang dibuat didaerah kesesi selalu enak rasanya. Hal itu yang sekarang masih menjadi misteri oleh penduduk Bantul,Kesesi. Terdapat beberapa masyarakat Kesesi, bagi penduduk asli Kesesi yang ingin menikahi penduduk asli pekalongan persyaratan yang wajib dibawa bagi penduduk kesesi adalah “apem”. Hal itu belum jelas maksudnya atau bisa disebut sebagai misteri, namun sudah menjadi tradisi bagi masyarakat kesesi. Misteri sendiri adalah sesuatu yang belum diketahui dengan pasti dan menarik keingintahuan orang-orang.
B.     Rumusan masalah
1.      Persepsi masyarakat mengenai apem hanya dibuat di Kesesi ?
2.      Persepsi masyarakat mengapa apem hanya terkenal di Kesesi ?

C.     Tujuan
·         Untuk mengetahui lebih dalam persepsi masyarakat mengenai hal ini.
·         Dan ingin membenarkan persepsi masyarakat yang salah
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.    Pengertian objek yang dikaji
1.      Kesesi
Kesesi adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Pekalongan Provinsi Jawa Tengah, yang berbatasan dengan Kecamatan Kajen da Kecamatan Sragi.
2.      Apem
Apem merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan gula jawa atau gula aren, bentuknya bulat pipih berwarna coklat yang didasari oleh daun pisang. Jajanan ini bertekstur kenyal dan rasa dominan legit atau manis dan terdapat rasa gurih.
3.      Misteri
Misteri adalah sesuatu yang belum diketahui dengan pasti dan menarik keingintahuan orang-orang. Misteri biasanya dikaitkan dengan kejadian-kejadian horor dan supranatrural, seringkali dikatikan dengan agama. Dalam arti luas, misteri merupakan kebenaran-kebenaran yang menyangkut eksistensi maupun esesnsinya tresembunyi dari pemahaman kita yang terbatas. Misalnya berkenaan dengan eksistensi misteri tetap tersembunyi sebagai apa yang ditentukan allah bagi masa depan. Berkaitan dengan esensi, kesejajaran instrinsik ciir-ciri allah tetap rahasia, karena pemahaman manusia dapat melihat bahwa ciri-ciri itu harus sejajar. Akan tetapi, misteri dalam arti semp atau misteri absolut merupakan kebenaran yang tersembunyi dari setuap pemahaman terbatas baik menyangkut eksistensinya maupun esensinya, sehingga kemungkinan internal dari kebenaran itu.







BAB III
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Hasil penelitian
Dari penelitian yang kami lakukan, kami mewawancarai salah satu pedagan apem di Kesesi yang cukup terkenal dengan apemnya yaitu “apem mba Daryati” kami melakukan survey langsung dilokasi pembuatan apem yaitu Desa Kesesirejo. Disana kami bertemu langsung dengan Mba Daryati dan memberikan beberapa pertanyaan dari wawancara itu, Mba Daryati menyatakan bahwa proses pembuatan apem bukan hal yang mudah, terdapat teknik dan cara tersendiri agar tekstur  apem benar-benar jadi dan rasanya enak, dan proses pembuatan apem harus dilakukan dengna kesabaran yang tinggi, teknik yang tepat. Mba Daryati juga mengatakan bahwa hanya orang dari Kesesi khusunya orang bantul yang dapat membuat apem kesesi dengan rasa dan tekstur yang tepat dan enak. Mba Daryati juga termasuk orang asli bantul.
Kami juga melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar khususnya masyarakat yang sudah sepuh, mereka menyatakan jika ada orang kesesi yang menikaahi irang diluar kecamatan kesesi, seserahan atau persyaratan yang harus dibawa adalah apem. Saat kami menanyakan mengapa demikian, namun mereka hanya menyatakan, hal itu hanyalah sebuah adat atau kebiasaan bagi orang Kesesi.
Kami juga menanyakan pada masyarakaat khususnya masyarakat yang lebih dewasa, mereka menyatakan apem hanya bisa dibuat di Kesesi karena disini suhu dan airnya sangat cocok untuk pembuatan apem, dan karena apem memang jajanan khas Kesesi, maka hanya orang kesesi sendirilah yang tahu teknik pembuatan apem kesesi.
Kami juga mewawancarai sorang pembeli apem, mereka menyatakan pada saat hari raya banyak pemudik dari luar Kabupaten yang datang ke Kesesi hanya ingin membeli kue khas Kesesi yaitu apem, dan dijadikan sebagai oleh-oleh dari mudiknya. Namun jajanan apem ini hanya bertahan selama 3 hari saja, karena proses pembuatannya tidak mencampurkan pengawetan apapun, karena pengawetan berasal dari gula aren pada apem. Itulah kenapa apem sulit ditemukan diluar kesesi karena apem khas kesesi sulit diperkenalkan, sebab keawetannya tidak bertahan lama.
B.     Pembahasan
ada dasarnya proses pembuatan apem memerlukan skala waktu lama, ketelitian, kesabaran dan juga terdapat teknik-tekniknya. Dari presepsi masyarakat pembuatan apem hanya dapat dilakukan di kesesi saja karena suhu dan air di Kesesi sangat cocok pada saat pembuatan, jadi jika kita melihat lebih dalam lagi sebenarnya proses pembuatan apem dapat dilakukan dimana saja, namun harus memperhatikan dari segi ari, suhu dan teknik yang ada.
Dan presepsi masyarakat sekitar juga berpendapat bahwa setiap masyarakat Kesesi yang ingin menikah dengan orang diluar kecamatan kesesi harus membawa seserahan atau persyaratan berupa apem, hal ini hanyalah sebuah bentuk pengenalan atau pelestarian jajanan apem itu sendiri, yang menjadikan suaru adat atau kebiasaan masyarakat setempat.
Dan mengapa apem hanya terkenal di Kesesi saja ? karena kelompok masyarakat belum bisa mengenalkan apem melalui suatu pameran atau teknologi yang ada dijaman sekarang ini.











BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Bahwa persepsi masyarakat mengenai apem bermacam-macam ada yang mengatakan apem sebagai persyaratan dan ada pula yang menyatakan apem adalah jajanan yang sulit dibuat dan terdapat teknik-teknik tersendiri. Kesimpulannya adalah, apem merupakan jajanan khas Kesesi yang harus kita lestarikan, yaitu dengna cara memberikan wawasan kepada seluruh masyarakat bukan hanya masyarakat Kesesinamun juga kepada masyarakat di daerah yang lainnya. Supaya mereka tahu dan mengerti sehingga apem bisa dikenal bukan hanya di Kesesi saja.
B.     Saran
Bagi penjual apem, seharusnya anda bisa lebih mengenalkan bagaimana teknik atau cara tersendiri dalam pembuatan apem kepada masyarakat luas sehingga dapat memberikan wawasan dan juga bermanfaat untuk melestarikan jajanan apem.
Dan saran bagi masyarakat, juga ikut melestarikan jajanan ini melalui teknologi yang susah ada di era sekarang ini, jadi dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.










DAFTAR PUSTAKA
Adawyah R. 2006. Pembuatan dan pengolahan apem.
Afrianto E, Livinawaty E. 1989. Melestarikan kuliner khas daerah.
Anggawati AM, Indriati N. 2007. Makanan khas kesesi.



















LAMPIRAN-LAMPIRAN
IMG-20171201-WA0040.jpg
IMG-20171201-WA0041.jpg
IMG-20171201-WA0042.jpg
IMG-20171201-WA0043.jpg
IMG-20171201-WA0044.jpg
IMG-20171201-WA0083.jpg

IMG-20171201-WA0084.jpg

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Haul

makalah sumpah pemuda