cerita pendek tentang cinta - kasih tak sampai

KASIH TAK SAMPAIKAN

Menjadi diriku bukanlah pilihan. Aku yang terlahir dengan segala kekuarangan dan kelebihanku. Aku dilahirkan dengan wajah yang cantik dengan tubuhku yang proporsional. Banyak pria yang memohon cinta padaku. Tapi entahlah aku sungguh tak tertarik dengan mereka semua. Tapi akhirnya kutambatkan cintaku ini pada Rendra teman sekampusku. Rendra sangat tampan. Jadi wajar jika banyak yang menyukainya juga. Dan aku bersyukur bisa memilikinya
            “sya, mau pulang kapan ? tanya Rendra menghamiriku
            “bentar lagi lah ndra, lagi males dirumah nih !!
            “yaudah, mending kita jalan yuk !!
            “oke deh
Dalam perjalanan meuju cafe kusempatkan untuk membahas hal yang sangat ingin aku sampaikan padanya yaitu mengenai pernikahan, aku sangat mencintainya dan tak ingin melepaskannya.
            “ndra ??
            “iya ?
            “ndra aku pengen ngmong sama kamu”
            “tapi aku bingung
            “kenapa bingung ?
            “emm, aku mau tanya
            “ iya tanya apa ?
            “nggak jadi deh
            “loh kenapa ?
            “nanti aja kalo udah nyampe”
            “terserah kamu aja sya !
Ya meskipun aku dan Rendra telah lama menjalin asmara, namun aku masih bingung untuk mengungkapkan keinginan untuk menikah dengannya. Mungkin karena kami masih sama-sama kuliah, meskipun sudah tahap akhir. Aku yakin Rendra belum siap untuk menikah dan masih ingin mengejar karirnya.
Tak terasa sekarang kami telah sampai disebuah cafe yang suasananya begitu romantis dengan bunga-bunga yang menghiasi ditemani sebuah lilin yang menambah suasana romantis.
            “gimana sya, kamu suka cafenya ?
            “iya, aku suka. Tapi kayaknya kita salah waktu deh,, !
            “memangnya kenapa ? kok salah waktu ? tanyanya bingung
            “iya ndra, cafe ini cocoknya untuk dinner karena suasananya romantis
            “oooh, tapi siang juga bisa romantis kok !!
            “masa ??!
            “iya dong ! mau liat ??
            “enggak !
            “kenapa ??
            “aku laper pinginnya makan
            “oooh laper toh
            “yaudah cepetan pesen ndra !!
            “kamu mau pesen apa ?
            “terserah kamu aja !   
            “yaudah bentar ya
            “oke
Sambil menunggu Rendra memesan makanan, kucoba menghibur diri dengan bermain ponselku. Aku kembali ingin mengungkapkan keinginanku kepada Rendra, apalagi melihat Rendra yang semakin banyak disukai wanita-wanita di kampus. Aku nggak mau Rendra berpaling dariku. Setelah Rendra datang aku akan mencoba untuk bertanya padanya. Dan tak lama kemudian Rendra datang membawa dua porsi makanan yang baru saya pesan.
            “makanan datang,,,, ucapnya
            “wow, kayaknya enak deh !
            “pastinya !
            “oh iy ndra, aku pengen nglanjutin yang tadi dimobil !
            “yaudah lanjutin ajah !
            “jadi gini ndra, aku pengen kamu tuh cepet-cepet nglamar aku !
            “nglamar !!??
            “iya, aku nggak mau kehilangan kamu ndra ! aku cinta sama kamu !
            “tapi kan kita masih kuliah nasya”
            “ndra, kita sudah semester akhir, bentar lagi kita lulus !
            “yaudah nanti aku omonging sama orang tuaku ya ?
            “beneran ? ucapku senang
            “iya”
Senang rasanya mendengar jawaban Rendra, ternyata Rendra benar-benar serius menajalin hubungan denganku, aku harus memberitahu ayah dan ibu dirumah, aku ingin berbagi kebahagiaan yang kurasakan sekarang ini.
            “ndra udah sore nih, pulang yuk ! ajakku
            “yaudah yuk”
            “mkasih ya
            “iya nasya bawel
Dalam perjalanan pulang, tak henti-hentinya rasa bahagiaku ini. Keinginan untuk memiliki Rendra seutuhnya akan segera terwujud. Beberapa bulan lagi aku akan melaksanakan wisuda S1 ku dan setelahnya Rendra akan datang melamarku. Oooh aku tak sabar menunggu waktu itu. Waktu yang sangat aku idam-idamkan membina rumah tangga dengan Rendra kekasihku.
            “sya, udah sampe nih
            “ooh iya maaf
            “ngelamun apa sih ?
            “heheh enggak bukan apa-apa,, yaudah aku masuk dulu ya ?
            “iya, salam buat bapak sama ibu
            “oke., hati-hati ndra
            “iya
Aku langsung bergegas mencari ayah dan ibu, mereka semua harus tau kalau Rendra akan segera melamarku, dia akan menjadi suamiku yang akan membimbingku didalam rumah tangga kami kelak

            “ayah,,ibu,,, . teriakku
            “ada apa sih sya kok teriak-teriak kaya gitu ??
            “bu, aku mau cerita deh sama ibu
            “ada apa nasya ?? ceritakan saja
            “jadi gini bu, bentar lagi kan aku wisuda dan aku udah ngomong sama Rendra biar cepet-cepet nglamar aku dan dia setuju
            “benarkah ? sahut ayah
            “iya yah \, Rendra bilang dia akan ngomong sama ibu dan ayahnya buat nikahin aku !!
            “kalau begitu selamat ya nak, sebentar lagi kamu akan jadi istri”
            “terimakasih ayah
            “tapi apa itu tidak terlalu cepat sya ? ucap ibu tiba-tiba
            “maksud ibu ?
            “menurut ibu, kemu jangan terburu-buru nikah dulu nasya, kamu masih kecil”
            “bu, nasya udah  22 tahun dan usia itu sudah sangat mencukupi untuk nasya nikah bu
            “tapi nasya ibu nggak setuju
            “tapi bu,,,,
            “cukup nasya ! ucap ibu membentak
            “yah, ada apa dengan ibu “
            “mungkin ibu belum rela melepasmu nasya”
            “bukankah harusnya ibu senang ?
            “biar ayah yang bicara dengan ibumu, lebih baik kamu istirahat
            “iya yah
Melihat kemarahan ibu tadi aku merasa heran, mengapa ibu begitu marah dan tidak setuju, padahal dulu dia yang menginginkanku segera menikah. Harusnya ibu senang mendengar ini, sikap ibu membuatku ingin menangis. Aku sedih melihat reaksinya, padahal aku berharap ibu merasakan kebahagiaan ini tapi apalah dayaku, ibu tidak bisa menerimanya. Saat hendak ke kamar mandi tak sengaja aku melewati kamar ayah dan ibu, kudengar suara tangisan ibu.


            “ibu menangis ? apa semua ini karenaku ? ucapku dalam hati
Kucoba mendekatkan telingaku dibalik pintu kamar itu, aku mendengar suara ayah dan ibu
            “sudahlah bu,, biarkan nasya mendapatkan kebahagiaannya”
            “tapi yah, ibu nggak sanggup memberitahu nasya !
            “ibu harus bisa demi nasya”
            “yah, bagaimana jika nasya marah ? bagaimana jika nasya tidak mengakui ?
            “kita jelaskan baik-baik padanya supaya dia mengerti.
Apa maksud perkataan ibu tadi ? kenapa ia takut jika aku marah dan tak mengakuiny sebagai ibuku ? apa yang mereka rahasiakan dariku ? aku anaknya, tidak mungkin aku marah padanya. Pernyataan ibu membuatku merasa bingung. Dengan keinginanku menikah dengan Rendra sekarang ini.
Keesokan harinya kucoba menanyakan masalah itu pada ayah dan ibu
            “pagi yah, bu” sapaku
            “pagi nasya” ucap ayah
            “bu, nasya minta maaf kalau keinginan nasya buat ibu  sedih.
            “nggak papa nasya, ibu Cuma belum setuju kamu menikah
            “tapi kenapa bu ? berikan nasya alasan yang kuat
            “sebenarnya....
Belum sempat ibu menjelaskan, ponselku berdering dan pada layar hp ku tertuliskan nama Rendra. Aku segera mengangkatny dan meninggalkan ayah dan  ibu.
            “halo ndra
            “halo sya, kita jalan yuk
“kemana ?
“kemana aja
“boleh deh, kita ketemu dimana ?
“di Restoran aja
“oke, aku kesana sekarang
Aku kembali masuk untuk bersiap-siap menemui Rendra. Kutinggalkan percakapan bersama ayah dan ibuku ini dan segera menuju restoran untuk bertemu Rendra.
Setelah sampai di restoran kulihat Rendra tengah duduk dan memainkan ponselnya, kuhampiri dia.
            “Rendra, sudah lama ?
            “belum terlalu, oh iya udah aku pesenin makan nih
            “kamu tau aja sih kalau aku belum sarapan
            “ya taulah,, yaudah buruan dimakan habis ini kita ke taman
            “siap !
Setelah selesai makan aku dan Rendra bergegas menuju taman yang tak jauh dengan lokasi tempat kami makan, tamannya indah, bersih dan ada danau di tepi taman.
            “ndra, ke danau aja yuk !
            “mau ke danau ??
            “iya
            “ayuk !
Danau ini begitu bersih dan jernih, aku menyukainya. Aku pngen tempat ini menjadi salah satu lokasi preewedingku nanti.
            “ndra, aku ingin saat prewedding kita ambil foto disini
            “disini ?
            “iya, aku suka danaunya, airnya jernih banget.
            “yaudah nanti kita rancang ya !.
            “oke !!
Tak kurasa hampir seharian aku berada disini bersama Rendra. Menikmati pemandangan yang ada dengan kemesraan yang kami ciptakan sekarang ini. Aku tidak ingin waktu ini berakhir, aku ingin selalu merasakan kebahagiaan bersamanya.
            “nasya, udah sore nih, kita pulang yuk ! ajaknya
            “tapi aku masih pengen disini ndra !
            “yaudah besok kita kesini lagi, sekarang kita pulang ya ? ucapnya membujuk
            “ah Rendra !!
            “ayolah nanti ayah dan ibu kamu nyariin lagi
            “yaudah deh “ ucapku cemberut
            “jangan  ngambek nasya”
            “iya deh,,,”
Perjalanan kerumahku terasa begitu cepat. Mungkin karena aku yang masih ingin bersamanya. Karena aku belum puas dengannya. Ingin resanya aku cepat-cepat memilikinya untuk seutuhnya.
            “aku masuk dulu ndra, kamu mau mampir ? tanyaku menawarkan
            “lain kali aja sya,  aku langsung pulang aja, capek”
            “oooh gitu, yaudah kamu ati-ati ya !!
            “pasti ! aku pulang byee,,,”
            “bye,,”
Saat aku berjalan memasuki rumah, kulihat ayah dan ibu sekaligus adik kecilku tangah duduk seperti tengah menungguku. Dan benar saja mereka memanggilku, namun kali ini mereka terlihat berbeda. Raut wajah yang mereka pancarkan terlihat sangat serius. Hatiku seakan bertanya-tanya melihat tingkah mereka aneh, meeka semua bahkan aku juga merasa takut untuk menghampirinya.
            “nasya, kemarilah ibu ingin bicara penting dengamu
            “ada apa bu ? apa nasya menyakiti ibu ?? tanyaku heran
            “tidak sayang, ibu ingin memberitahumu rahasia besar
“rahasia besar ? sahutku semakin bingun
“iya nasya, ini mengenai jati dirimu
“bu, sebenarnya ada apa si ?
“hiks,,hiks,, nasya maafkan ibu sya, maafin ibu,” ucap ibu menangis
“ibu kenapa ? ibu salah apa ? kenapa ibu menangis gini bu ? ucapku khawatir
“sebenarmya,,, nasya,, hiks,,,, hiks,,,
“yah sebenarnya ibu kenapa si ? tanyaku pada ayah
“maafin ayah juga sya
“kalian kenapa sih ? kalian salah apa ? kenapa ?
“sya, jika kamu memang ingin menikah dengan Rendra, maaf ayah nggak bisa menjadi wali nikah kamu sayang “
“memangnya kenapa ? apa ayah nggak setuju dengan hubunganku dengan Rendra ?
“bukan begitu nasya,, tapi .,,”
“tapi apa yah ???
“sayang maafin ayah dan ibu, dulu sebelum kami menikah, kami telah melakukan hubungan terlarang. Ibumu hamil dan saat itu ayah masih menyelesaikan kuliah ayah, ayah menikahi ibumu setelah dia melahirkan anaknya, yaitu kamu” ucapnya sedih
“maafin ibu sayang maafin ibu !,,” ucap ibu sambil memluk
“ayah,,ibu,,, kalian jahat,. Kalian tega” ucapku bentak
“nasya, ini memang sala ibu, ibu tidak bisa menjaga kehormatan ibu, tapi ibu menyesal nak, ibu  menyesal” ucapnya menangis
“nasya nggak mau tahu bu, nasya benci sama ibu !! nasya kecewa nggak mau punya orang tua seperti kalian,” ucapku histeris
Kutinggalkan semua orang disana, hatiku begit sakit menerima kenyataan pahit ini, mereka begitu jahat, aku harus menerima pahitnya kenyataan hidup menjadi seorang anak haram dari hubungan gelap orang tuaku. Ingin rasanya aku berteriak sekuat-kuatnya melepaskan segala beban hidupku. Kenapa aku harus terlahir menjadi anak haram ?? kenapa aku harus terlahir dari orang tua yang tidak bisa menjaga kehormatannya, haruskah aku menerima semua ini. Akhibat kelakuan tak sennonoh keuda orang tuaku. Apakah Rendra siap menerimaku saat mengetahui kenyataan yang begitu menyakitkan ini ? apa dia akan bisa memahami keadaanku ? keadaan yang mungkin tak pantas untuk aku sebut. Aku benci ini semua, aku benci, ingin rasanya aku mengakhiri hidupku”
“tok,,,tok,,,tok,,”
“nasya, buka pintunya sayang ibu ingin bicara” ucapnya menangis
“bicara apalagi bu ? nasya benci ibu, nasya nggak mau punya ibu kaya ibu” ucapku berteriak
“nasya, maafin ibu sayang maafin ibu” ucapnya memohon
“sudahlah bu,, lebih baik ibu pergi ! jangan ganggu nasya !”
“tapi sayang ??
“ibu,, nasya bilang cukup ! ucapku membentak
Aku sungguh tak bisa menerima semua ini. Berat rasanya beban kehidupanku. Aku tak sanggup memikulnya sendirian. Tapi, apalah dayaku, ini adalah takdir yang harus aku jalani. Hanya air mata yang mampu mengungkapkan perasaanku saat ini. Sakit yang kurasakan terlalu sakit bahkan bibir ini tak mampu untuk mengatakannya. Ayah,, ibu,, maafin aku, tapi untuk saat ini aku tak bisa menerimanya, hatiku begitu hancur bagaikan segelintir debu yang tak berguna.
Kucoba memjamkan mata berharap agar semua ini hanya sebuah mimpi buruk yang terjadi padaku, sebuah bunga tidur yang tak akan menjadi sebuah kenyataan.
Saat sinar fajar mulai muncul, kukejapkan mataku melihat keadaan disekitar rumahku, saat kulihat wajahku, terlihat kedua mataku yang simbah karena tangisanku semalam.
            “kenapa ini benar-benar terjadi” runtuku dalam hati
Segera aku mandi membersihkan tubuhku dan bergegas menuju kampus. Saat aku hendak pergi terlihat ayah dan ibu yang tengah menanti kedatanganku. Matanya juga terlihat sembab.
“apakah ibu juga menangis karena ucapan kasarku ? tanyaku dalam hati”
“nasya, kemarilah sayang kita sarapan ya !
“nasya udah telat bu” ucapku datar
“sya, kemarilah sebentar sayan kasihan ibumu ! bujuk ayah”
“kasihan ? kenapa aku harus kasihan, gara-gara kalian hidupku hancur yah ! apa ayah nggak tahu ? ucapku meninggi
“tapi nasya,,,”
“sudahlah” ucapku meninggalkan
Memang tak sepantasnya aku tidak bersikap kasar dengan orang tuaku terutama ibu yang telah melahirkanku. Tapi rasa marahku kepadanya begitu besar, sangat sulit untuk memaafkannya. Rasa kecawaku begitu besar, aku tak ingin ada dalam posisiku yang sekarang. Aku ingin seperti tak mengetahui semuanya, tapi ini semua telah terjadi dan tak akan bisa diulang lagi. Saat aku sampai di kampus aku segera mencari keberadaan Rendra, aku ingin menceritakan semua tapi, aku takut jika ia tak bisa menerima keadaanku saat ini, belum sampai aku mencari, Rendra telah lebih dulu menghampiriku.
            “hai sya ??,”
“hai Rendra,,”
“nasya kamu abis nangis ? kok matamu sembab gitu sih ? tanyanya khawatir
“nggak kok ndra, aku Cuma kurang tidur aja” ucapku berbohong
“oooh gitu, lain kali tidurnya jangan terlalu malem dong,,!!
“hmmm, iya ndra”
“nanti mau ke danau lagi ? tanyanya
“nggak usah ndra
“loh kenapa ? bukannya kemaren kamu yang pengen ?
“aku kurang enak badan ndra, mungkin kecapean
“oooh yaudah deh, lebih baik kamu istirahat aja yah ! biar cepet sembuh”
“iya, yaudah aku masuk dulu ya, ada kelas”
“oke”
Aku sengaja tidak mengatakan yang sebenarnya kepada Rendra, aku tak ingin dia mengetahui jati diriku yang sebenarnya. Aku tak ingin kehilangan Rendra. Rasa cintaku padanya begitu dalam, aku tak ingin melepaskannya apalagi hanya tinggal sebulan lagi aku akan melaksanakan wisuda yang artinya akan semakin dekat hari Rendra datang melamarku. Aku tak akan melepaskan Rendra apapun yang terjadi.
Setelah kelas selesai aku bergegas menemui Rendra, aku ingin menanyakan tentang niatnya untuk melamarku.
“ndra,, ?
“iya, kenapa sya ?
“ndra kita ke taman yuk !
“ketaman ? ngapain ?
“ada hal yang mau aku omongin
“yaudah ayu !!
Setelah sampai di taman aku segera mengutarakan maksudku mengajaknya.
“nah sekarang kamu mau ngomong apa?
“ndra, apa kamu bener-bener cinta sama aku?
“nasya, kamu kenapa sih ?
“ndra plies jawab aku !”
“sya, kalau aku nggak cinta, ngapain aku pacarin kamu !
“apa kamu mau menerimaku apa adanya ??
“aku akan coba, kamu kenapa sih ?
“ndra,aku Cuma cinta sama kamu, aku harap kamu bisa menerima keadaanku” ucapku memeluk
“memangnya kenapa sama kamu sya ? tanyanya bingun
“nggak, aku nggak papa kok  !
“dasar aneh” ucapnya mengelus kepalaku
“kita pulang yuk ndra !
“pulang ? kok cepet banget ?
“iya, aku capek
“yaudah ayu”
Mendengar jawaban Rendra membuatku sedikit lega, masih ada harapan untuk tetap memilikinya. Aku harap ucapan Rendra benar-benar ia tepati. Aku benar-benar mengharapkan keajaiban terjadi dalam kehidupanku.
Saat aku tiba dirumah ibu yang masih menangis. Apa aku terlalu kasar padanya sehingga ibu tak mau berhenti menangis ? aku tidak tega melihatnya terus menerus menangis. Kuhampiri ia dan kucoba menenangkannya”
“ibu,,,” panggilku
“nasya, sayang maafin ibu nak, maafin ibu,,,” ucapnya menganis histeris
“bu, sudahlah ini bukan salah ibu. Maafin nasya udah membentak ibu” ucapku bersala
“enggak sayang, kamu pantas marah sama ibu, ibu memang bukan wanita baik”
“hussst,,, bu, sudah, nasya akan mencoba menerima semuanya bu !
“benarkah ? kamu maafin ibu sayang ?
“iya bu,, nasya akan mencoba iklhas menerima semua
“mkasih sayang, makasih”
“sama-sama bu, yaudah sekarang ibu istirahat ya, nasya juga mau istirahat.
“iya sayang”
Ya, tak sepantasnya aku berlama-lama marah dengannya. Bagaimanapun mereka adalah orang tuaku yang telah merawat dan mendidikku dari kecil. Yang telah mengorbanan jiwa dan raganya hannya untukku. Kasihan juga dengan adik kecilku, gara-gara diriku ia jadi tak terurus ibu. Aku harus menerima semuanya. Mencoba untuk ikhlas menghadapi semua ini. Karena bagaimanapun aku masuh membutuhkan kedua orang tutaku untuk tetap membimbingku.
Beberapa minggu berlalu dan aku mulai bisa hidup dengan kenyataan hidupku yang sekarang ini, apa lagi tinggal seminggu lagi aku melaksanakan wisuda. Aku ingin membanggakan orang tuaku, aku ingin melihat mereka semua tersenyum karenaku. Aku harus menunjukan bahwa aku wanita yang kuat, wanita yang tangguh dalam menghadapi segala persoalan.
Saat ini sangat sulit aku bertemu dengan Rendra, karena kami sama-sama akan melaksanakan wisuda sehingga banyak sekali tugas yang harus segera diselesaikan. Tak terasa hari yang telah aku tunggu ini telah tiba. Ya, hari ini aku dan Rendra telah resmi wisuda dan telah resmi lulus dari kampus tercinta. Aku berhasil meraih nilai terbaik pada jurusanku. Aku sangat bersyukur atas semua yang aku dapatkan.
“selamat ya sayang, sekarang udah lulus” ucap ibuku
“makasih bu”
“selamat sya, ayah bangga padamu
“makasih yah”
“makasih adel sayang”
“yah, bu kita pulang yuk !”
“ayuk, kita rayakan keberhasilanmu di rumah
“ah ibu bisa aja”
Belum sempat aku pulang, kulihat Rendra datang menghampiriku. Dia begitu tampan dengan pakaian wisuda yang lengkap, dia terlihat begitu keren.
“sya, selamat ya !”
“makasih ndra, selamat juga buat kamu”
“makasih juga sya, eh om, tante mau langsung pulang ?
“iya nih nak Rendra. Kasihan adelnya udah capek”
“ooh gitu, yaudah kalau gitu ati-ati yah om-tante”
“iya, makasih nak Rendra” sahut ibu
“yaudah aku pulang ya ndra ?
“iya, hati-hati
Perjalanan pulangku, aku sangat merasa bahagia, karena aku bisa membanggakan orang tuaku dengan meraih nilai tertinggi. Selain itu semakin dekat pula hari dimana Rendra akan datang melamarku.
“ayah, bu,, nasya ke kamar ya, capek”
“ya, terserah kamu sya”
“nasya tinggal ya ?”
“iya”
Tubuhku terasa sangat lelah, begitu proses wisudaku, tapi semua itu telah terbayarkan dengan kebahagiaan diwajah keluargaku. Aku sangat bersyukur hari ini. Kriiiing,,,,kriiiiing,,,, ponselku tiba-tiba berdering terlihat dilayar hp tertuliskan nama “Rendra”
“hallo ndra”
“hallo sya, besok kita ketemu yuk !
“dimana ? mau apa ?
“di restoran aja gimana ? aku mau bahas soal pernikahan kita nanti”
“pernikahan ? kamu serius ?
“ya  iya lah”
“oke besok aku datang, kamu kirim alamatnya aja ke aku !
“oke ! yaudah gitu aja byee,
“bye,,”
Begitulah percakapanku dengan Rendra yang mampu membuatku terbang. Rendra benar-benar mencintaiku, dia benar-benar akan menikahiku. Tapi aku belum mengatakan yang sejujurnya pada Rendra. Dia tak mengetahui tentang diriku yang terlahir dari hubungan gelap ayah dan ibuku. Jika mengingat itu hatiku kembali tidak tenang mamikirkan reaksi Rendra nantinya. Lebih baik aku diam sampai nanti Rendra mengetahui dengan sendirinya. Aku harus siap menerima apapun yang dipilih Rendra nantinya.
Keesokan harinya aku bergergas menemui Rendra di Resto yang telah dipilih. Kulihat Rendra yang tengah duduk sendirian.
“rendra,, udah lama ?
“nasya, enggak aku juga baru sampe”
“syukur deh”
“jadi gini sya, aku udah bilangsama ayah dan ibu, kita nikah bulan depan”
“benarkah ?!
“iya, ayah dan ibu udah nyaman kok sama kamu”
“alhamdulillah deh, yaudah aku langsung pulang yah ? aku mau ngasih tau ayah sama ibu”
“oke, hati-hati
“iya”
Aku segera pulang dan menemui ibu. Bahagia sekali rasanya, aku akan segera menikah dengan Rendra. Kuharap semuanya akan lancar tanpa ada halangan, setelah sampai aku langsung menemui ibu dan ayah.
“ayah,,,ibu,,,”
“ada apa sya ?, kelihatannya seneng banget”
“yah, ibu Rendra bilang dia akan nikahin aku bulan depan”
“benarkah ?!
“iya bu, tadi Rendra yang bilang sendiri”
“tapi sya, apa kamu sudah cerita soal jati dirimu ?
“belum bu, aku belum ngomong sama Rendra”
“sya, sebaiknya kamu bilang ke Rendra !”
“nasya nggak mau yah, biarkan Rendra tahu sendiri”
“yaudah terserah kamu aja”
Sebenarnya aku ragu dengan keputusanku, tapi aku nggak mau jika Rendra akan meninggalkanku. Terpaksa aku menutupi semua ini sampai pada hari pernikahanku.
Hari demi hari, minggun telah terlewati hingga kini telah tiba hari pernikahanku dengan Rendra. Aku berharap Rendra menerima semua keadaanku. Rendra begitu terlihat tampan dengan setelan jas berwarna hitam. Oh tuhan,, berikanlah kelancaran pada hari spesial ini.
Saat wali akan menikahkan kami, tiba-tiba Rendra menghentikan semuanya..”
“om kenapa om tidak jadi wali nasya ? ucapnya bingung
“om nggak bisa jadi walinya nak Rendra !!”
“apa ! maksud om ?
“apa nasya belum memberitahumu ?
“memberitahu apa ? nasya coba jelaskan padaku !!
“Rendra maafkan aku karena tak memberitahumu”
“apa maksudmu nasya ?
“ndra, sebenarnya aku anak dari hasil hubungan gelap ayah dan ibu dulu”
“Apa ! kenapa kamu nggak pernah jujur sama aku nasya ? bentaknya
“ndra, aku minta maaf, aku juga baru tahu beberapa bulan yang lalu
“kamu jahat nasya, kamu pembohong aku tak sudi menikah denganmu !”
“tapi ndra, kamu udah janji menerimaku apa adanya?
“untuk yang satu ini aku tidak bisa sya, kamu sudah keterlaluan, itu sama saja kamu merendahkan keluargaku !”
“ndra, aku nggak ada maksud buat kamu kecaewa “
“dasar wanita pembohong, sya itu masalah besar, aku nggak akan pernah menikah denganmu, lebih baik aku batalkan pernikahan ini. Aku kecewa sama kamu !”
“Rendra, aku mohon maafin aku, rendra aku mohon jangan tinggalkan aku Rendra !!”
“maaf sya, keputusanku udah bulat kita batalkan pernikahan ini, lebih baik kamu lupakan aku, hapus kenangan kita, dan anggap saja kita nggak pernah kenal”
“apa ? Rendra kamu jahat, tega kamu !”
“tega ? apa kamu nggak ngaca sama diri kamu sendiri hah ! dasar wanita murahan, nggak tahu diri !”
“ndra, kamu bilang aku wanita murahan ?
“iya. Memang begitu kan ?
“Rendra cukup ! kamu tega ndra, tega !
“sudahlah, nggak penting aku disini”
“hiks,,hiks,,hiks,,
“nasya, bangun nak, ikhlaskan dia, mungkin Rendra bukan jodohmu.”
“bu, Rendra jahat,,
“ini salah ibu sayag,,ini salah ibu.”
“sudahlah bu nasya lebih baik kita pulang tenangkan diri kalian”
Sakit hati ini menerima sakit kembali. Rendra begitu jahat, dia tega membatalkan pernikahan ini. Pernikahan yang lama aku idam-idamkan. Tapi aku sadar mungkin ini juga akibat ketidakjujuranku padanya. Aku telah menyembunyikan jati diriku yang sebenarnya. Tapi Rendra begitu kejam padaku dengan mudahnya dia membatalkan pernikahan dan melontarkan kata-kata kasar terhadapku. Dia sungguh tak punya hati
Semenjak pembatalan pernikahan itu aku tak pernah sekalipun bertemu dengan Rendra, bahkan komunikasi diantara kamipun telah hilang. Apakah ini akhir dari kisah cintaku padanya ? kasihku kepadanya tak akan pernah tersampaikan. Kini memilikinya hanyalah angan semata. Tak ada yang bisa aku perbuat lagi, harus menerima semuanya dengan lapang dada. Aku hanya bisa mengenang masa-masaku dulu dalam memoriku. Sungguh sangat menyedihkan kisah cintaku. Aku tidak bisa memiliki kekasih yang telah lama menjalin hubungan denganku. Bahkan kasihku tak ada yang tersampaikan padanya. Inilah kisah kasihku bersamanya yang telah berakhir dengan tragis.
Setelah mengalami kegagalan untuk menikah, aku menjadi wanita yang lebih tertutup, aku merasakan trauma yang amat sangat bahkan aku merasa aga aku tidak menikah saja, aku takut tidak ada seorangpun yang mau menerima dengan keadaanku sekarang ini. Rendra yang menjadi penyebab semua ini padahal dia tahu jika aku tidak bisa jauh darinya. Aku masih mengharapkan cintanya walaupun rasa sakit yang dia ciptakan begitu membekas dihatiku, tapi benar kata pepatah “tidak ada yang tahu kemana hati akan singgah” meskipun ora tersebut butuh sekalipun rasa cinta mampu  mengalahkan segalanya. Begitupun yang aku rasakan saat ini, aku terlalu mencintainya. Aku ingin Rendra kembali padaku merajut mimpi yang indah dalam bahtera rumah tangga. Tapi kenyataannya memang tak selalu indah, dia meninggalkanku dengan cara yang begitu menyakitkan, dia mempermalukan keluargaku, juga merendahkan harga diriku, dia menganggapku wanita murahan hanya karena masalalu ayah dan ibuku. Dunia ini terasa begitu kejam, ingin rasanya aku mengenggelapkan diri ini dibawah tanah. Hidupku terasa sangat tak berguna, aku bencu semuanya. Banyak cobaan yang datang silih berganti dan aku sudah tidak bisa menahanna lagi. Aku menyerah,,
“sudah nasya, bersabarlah mungkin in imenjadi ujian bagimu nak” ucap ibu menenangkan
“bu, apa nasya ditakdirkan seperti ini ? kenapa hidup nasya penuh dengan cobaan, nasya nggak kuat bu”
“bersabarlah nasya, tenangkan hatimu”
“nasya udah nggak kuat bu, rasa sakit yang nasya rasakan begitu dalam”
“nasya, lebih baik kamu istirahat sayang !”
Untuk apa aku hidup jika semua kebahagiaanku telah sirna sudah, lebih baik kuakhiri semuanya agar aku bisa mendapatkan kebahagiaanku yang telah hilang dulu, tapi sebelum aitu aku ingin mengucapkan permintaan maafku pada Rendra. Aku ingin mengatakan bahwa aku selalu mencintainya sampi kapanpun, aku akan selalu mencintaimu.
“bu, tolong jika ibu bertemu Rendra, berikan surat ini untuknya”
“memangnya kenapa sayang ?”
“tidak bu, nasya hanya ingin pergi darinya karena nasya telah membohonginya”
“baiklah nasya, nanti ibu berikan padanya”
“bu, nasya minta maaf sama ibu dan ayah. Mungkin selama ini nasya belum bisa jad anak yang baik untuk kaliam” ucapku sedih
“sama-sama nasya”
“nasya mau pergi dulu bu”
“kemana ?
“keluar sebentar”
“hati-hati”
Ditengah keramaian jalan, aku melintaskan tubuh ini diantara mobil yang berlalu lalang, jika ditanya mengapa ? karena aku ingin mengakhiri semuanya, disaat yang bersamaan kulihat seorang pria yang selama ini kurindukan ditepi jalan, hatiku bahagia dan keinginan untuk mengakhiri semuanya kini telah hilang sudah, aku ingin kembali mengejar cintanya dan membawanya kembali dalam pangkuanku. Tapi saat aku hendak menghampiri kulihat sebuah truk melintas dengan kecapatannya, tak sempat aku menghindarkan diri yang kudengar hanya sebuah teriakan keras dari semua orang, dan kini aku merasakan kebahagiaan itu datang kembali padaku. Bahkan rasanya kebahagiaanku bertambah lebih banyak.
            “nak Rendra, sebelum nasya pergi dia menitipkan ini padamu”
            “ini apa bu ?”




Dear Nasya
            Rendra, aku minta maaf jika telah membuatmu kecewa, aku tak pernah jujur padamu, tapi semua itu aku lakukan karena aku atk ingin kau meninggalkanku. Aku sangat mencintaimu, aku ingin kamu kembali kepadaku merajut mimpi kita dahulu. Tapi aku sadar jika kita memang  ditakdirkan untuk tidak berjodoh. Kisah kasihku padamu tak akan mungkin tersampaikan samapi kapanpun namun aku akan tetap mencintaimu Rendra Sayang”
            I Love You Rendra
                 I Wush yoyu always be happy
            “lebih baik kamu baca sendiri”




Comments

Popular posts from this blog

Makalah Apem-Apem Kesesi

Makalah Haul

makalah sumpah pemuda